Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, November 6, 2016

Penjual Ikan Tewas Digiling Truk Sampah, Maroko Diguncang Demo Besar

Penjual Ikan Tewas Digiling Truk Sampah, Maroko Diguncang Demo Besar

ACEHBesmart.com, Rabat, - Ribuan warga Maroko yang marah menggelar aksi-aksi demo di sejumlah kota. Warga marah setelah seorang penjual ikan di kota Al-Hoceima tewas remuk di dalam truk sampah saat berusaha memungut ikan-ikan dagangannya yang disita polisi.

Kematian penjual ikan pada Jumat, 28 Oktober itu memicu kemarahan publik, khususnya via media sosial. Warga marah atas "Hogra", istilah yang mewakili pelanggaran dan ketidakadilan yang dilakukan aparat.

Aksi-aksi demo pada Minggu, 30 Oktober waktu setempat itu diserukan oleh para aktivis dari gerakan 20 Februari, yang mengorganisir aksi-aksi demo selama kerusuhan Arab tahun 2011.

Untuk meredakan ketegangan tersebut, Raja Mohamed yang tengah melakukan kunjungan Afrika, memerintahkan menteri dalam negeri untuk mengunjungi keluarga penjual ikan tersebut dan menyampaikan belasungkawa kerajaan. Kementerian Dalam Negeri dan Kehakiman Maroko juga menjanjikan penyelidikan atas insiden mengenaskan tersebut. 

Aksi demo besar-besaran seperti itu terbilang langka di Maroko. Di negara itu, raja masih memegang pengaruh tertinggi. Maroko meredakan aksi-aksi protes bergaya Arab Spring atau gelombang demokratisasi di Timur Tengah dengan melakukan sejumlah reformasi dan meningkatkan keamanan. 

"Saya tak pernah melihat kerumunan sebesar ini dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya sejak tahun 2011," ujar Houssin Lmrabet, aktivis dari kota Imzouren. Di kota itu, ribuan orang mengikuti pemakaman penjual ikan tersebut dan aksi-aksi protes terkait kematiannya. "Semua orang di sini merasa remuk dengan truk sampah itu," tuturnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (31/10/2016).

Dalam insiden tragis pada Jumat (28/10), polisi menyita ikan-ikan yang diperoleh penjual ikan bernama Mouhcine Fikri. Polisi merampas dan menghancurkan ikan todak (swordfish) milik korban. Alasannya, saat itu bukan jadwal menjala ikan.

Menurut media-media lokal, Fikri melompat ke bagian belakang truk sampah untuk mengambil ikan-ikannya. Namun tubuhnya kemudian hancur oleh compactor yang berfungsi memadatkan sampah. 

Aksi-aksi protes itu digelar di Al-Hoceima dan kota-kota lainnya di wilayah Rif dan juga di Casablanca dan di ibukota Rabat. Kematian Fikri mengingatkan pada revolusi yang terjadi di Tunisia pada tahun 2011, yang dipicu oleh kematian seorang tukang sayur, Mohamed Bouazizi. 

Pria berumur 26 tahun itu nekat membakar diri karena barang dagangannya disita polisi. Dia mengadu pada aparat hingga gubernur, namun tak ada yang menggubris. Kisah pemuda miskin itu membangkitkan kemarahan rakyat atas penguasa. Aksi demo besar-besaran pun terjadi dan rakyat menuntut Presiden Ben Ali lengser. Pada 14 Januari 2011, Ben Ali dan keluarganya pun diam-diam kabur ke Arab Saudi. Setelah itu revolusi serupa menyebar ke Mesir, Libya, dan lainnya.

[Link Editor By : Reuters]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Penjual Ikan Tewas Digiling Truk Sampah, Maroko Diguncang Demo Besar Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD