Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, November 6, 2016

Milisi Syiah dilatih Iran Setia pada Khomeini untuk Rebut Mosul

Milisi Syiah dilatih Iran Setia pada Khomeini untuk Rebut Mosul

ACEHBesmart.com, MOSUL - Pemain baru dalam pertempuran untuk merebut Mosul, dari genggaman Islamic State (ISIS) resmi diterjunkan di medan perang pada Minggu (30/10). Mereka adalah Pasukan Mobilisasi Populer (PMF), salah satu koalisi milisi Syiah dari tanah Irak.

Perdana Menteri, Haider al-Abadi, koalisi tersebut dilaporkan berisi sejumlah kelompok yang dilatih oleh Iran dan setia kepada sang Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei.

Seperti diberitakan Reuters, mereka juga memiliki hubungan erat dengan Qaseem Soleimani, Komandan shia dari Brigade Quds, pasukan yang merupakan perpanjangan tangan dari Garda Revolusi Iran. 

PMF mendeklarasikan keikutsertaan mereka dalam operasi perebutan Mosul ini pada Sabtu (29/10). Sebelum tiba di medan pertempuran utama, PMF berhasil merebut Ain Nasir, daerah yang terletak 30 kilometer dari Mosul.

Pemerintahan Irak yang dikuasai oleh Syiah dan PMF mengakui memang ada beberapa pelanggaran terjadi di lapangan dan kini pihak mereka sedang menyelidikinya. Namun, mereka menyangkal adanya penganiayaan yang meluas dan sistematis.

Kendati demikian, Amnesty International mengatakan bahwa dalam kampanye sebelumnya, milisi Syiah melakukan pelanggaran HAM serius, termasuk kejahatan perang, terhadap warga yang kabur dari wilayah kekuasaan ISIS.

Namun hingga kini, PMF memang belum dikaitkan dengan insiden sektarian mana pun yang terjadi. 

"Yang mereka katakan tentang kami itu tidak benar. Saat mereka menyebut kami milisi, mereka seperti melecehkan kami," kata Adel.

Sementara itu, beberapa milisi Syiah Irak sudah ada yang melintasi perbatasan untuk bertempur melawan ISIS di Suriah. Namun, PMF secara resmi belum ikut serta dalam pertempuran di Suriah.

Juru Bicara PMF, Ahmed al-Asadi, mengatakan bahwa situasi ini dapat berubah setelah pertempuran di Mosul. Menurut Asadi, Suriah merupakan arena utama pertempuran ini dan PMF siap untuk berperang di sana demi menjaga keamanan Irak.

"Kami sangat siap pergi ke mana pun yang memiliki ancaman terhadap keamanan nasional Irak," ucap Asadi dalam jumpa pers di Baghdad.

[Link Editor By : Reuters]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Milisi Syiah dilatih Iran Setia pada Khomeini untuk Rebut Mosul Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD