Latest News
Powered by Blogger.
Monday, November 7, 2016

Khalifah Umar bin Khattab pun Bacakan Al-Maidah: 51

Khalifah Umar bin Khattab pun Bacakan Al-Maidah: 51
Khalifah Umar bin Khattab pun Bacakan Al-Maidah: 51

ACEHBesmart.com, SIRAH - IBNU Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Kasir ibnu Syihab, telah menceritakan kepada kami Muhammad (Yakni Ibnu Sa’id ibnu Sabiq), telah menceritakan kepada kami Amr ibnu Abu Qais, dari Sammak ibnu Harb, dari Iyad, bahwa Umar pernah memerintahkan Abu Musa Al Asyari untuk melaporkan kepadanya tentang semua yang diambil dan yang diberikannya (yakni pemasukan dan pengeluarannya) dalam suatu catatan lengkap.

Dan tersebutlah bahwa yang menjadi sekretaris Abu Musa saat itu adalah seorang Nasrani. Kemudian hal tersebut dilaporkan kepada Khalifah Umar r.a. Maka Khalifah Umar merasa heran akan hal tersebut, lalu ia berkata, “Sesungguhnya orang ini benar-benar pandai, apakah kamu dapat membacakan untuk kami sebuah surat di dalam masjid yang datang dari negeri Syam?”

Abu Musa Al-Asy’ari menjawab, “Dia tidak dapat melakukannya.”

Khalifah Umar bertanya, “Apakah dia sedang mempunyai jinabah?”

Abu Musa Al-Asy’ari berkata, “Tidak, tetapi dia adalah seorang Nasrani.”

Maka Khalifah Umar membentakku dan memukul pahaku, lalu berkata, “Pecatlah dia.”

Selanjutnya Khalifah Umar membacakan firman Allah Swt.: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi wali (kalian),” (Al-Maidah: 51), hingga akhir ayat
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Khalifah Umar bin Khattab pun Bacakan Al-Maidah: 51 Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD