Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, May 3, 2016

Serangan IS Meningkat 44% di seluruh Irak Suriah

Serangan IS Meningkat 44% di seluruh Irak Suriah
Serangan IS Meningkat 44% di seluruh Irak Suriah

ACEHBesmart.com - Serangan bersenjata Islamic State atau ISIS meningkat tahun ini, terutama di Irak dan Suriah saat kelompok itu bereaksi atas lepasnya wilayah kekuasaan mereka yang substansial, menurut perusahaan analisis yang bermarkas di Amerika Serikat, IHS, Minggu.

IHS melaporkan, terdapat sekitar 891 serangan yang dilakukan pada kuartal awal 2016 di sejumlah wilayah Irak dan Suriah, naik dari periode tiga bulan lainnya sejak kelompok militan itu mulai bergerak pada pertengahan 2014.

Serangan itu menewaskan 2.150 orang, naik 44 persen dari tiga bulan sebelumnya dan menjadi jumlah korban tewas terbesar dalam kuartal satu tahun terakhir.

"Kelompok itu mengambil jalan kekerasan yang semakin mengarah ke kekacauan massal saat mereka mendapatkan tekanan berat dari segala sisi," ujar Matthew Henman, kepala Pusat Terorisme dan Pemberontakan IHS Jane's, seperti dikutip Reuters.

Militer Amerika Serikat memperkirakan wilayah kekuasaan kelompok bersenjata ISIS di Irak menurun sekitar 40 persen dari jumlah puncak mereka 2014 lalu dan kehilangan 20 persen kekuasaan mereka di Suriah.

Militer Irak menyingkirkan para militan dari kota Ramadi yang terletak di bagian barat empat bulan lalu dan kemudian terus bergerak ke barat mencapai perbatasan Suriah. Pergerakan mereka di bagian utara lebih lambat, dengan pihak militer dan pasukan Sunni Arab hanya berhasil merebut empat desa bulan lalu di bagian selatan Mosul.

Di Suriah, pasukan yang mendukung pemerintah yang didukung oleh serangan udara Rusia telah berhasil merebut kembali wilayah dari ISIS, termasuk kota kuno Palmyra. Kelompok itu juga mendapatkan tekanan dari serangan udara pimpinan Amerika Serikat terpisah di bagian utara dan timur laut, di mana pasukan Kurdi bergerak maju.

Laporan IHS itu juga mencantumkan adanya peningkatan serangan kelompok bersenjata ISIS di Libya, di mana kekuatan para militan meningkat, merebut kota Sirte dan menyerang sejumlah lokasi pengeboran minyak. Analisis menunjukkan adanya serangan dengan jumlah yang hampir sama dengan yang dilakukan dalam tiga bulan awal tahun ini dan enam bulan sebelumnya.

IHS juga mengatakan, ISIS telah meningkat di sekitar kota Sabratha yang terletak di bagian barat laut, yang mereka sebut sebagai wilayah kunci untuk melakukan serangan ke Tunisia yang terletak di dekatnya.

"Serangan terang-terangan yang menyebabkan kekacauan massal merupakan sebuah metode yang telah teruji untuk mengubah cerita dan membelokkan perhatian dari masalah yang mereka hadapi," Ujar Henman. "Ini dilakukan untuk konsumsi internal begitu pula dengan eksternal".

[Link Editor : By Reuters]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Serangan IS Meningkat 44% di seluruh Irak Suriah Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD