Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, April 2, 2016

Ngeri, 4 Negara Eropa Penyumbang Terbanyak Pejuang ISIS

Ngeri, 4 Negara Eropa Penyumbang Terbanyak Pejuang ISIS
Ngeri, 4 Negara Eropa Penyumbang Terbanyak Pejuang ISIS

DEN HAAG, ACEHBesmart.com – Sekira 4000 warga Eropa pergi ke Suriah adn Irak untuk bergabung dengan kelompok militan Islamic State (ISIS) sebagai pejuang asing. Sebagian besar di antara mereka berasal dari empat negara yakni Belgia, Inggris, Prancis, dan Jerman.

Dari perkiraan 3.922 hingga 4.294 militan ISIS asal Eropa, sebanyak 2.838 di antaranya berasal dari empat negara tersebut. Data mengejutkan itu diungkap oleh International Centre for Counter-Terorism yang berbasis di Den Haag, Belanda.

Data tersebut dikumpulkan dari 26 negara anggota Uni Eropa (UE). Mereka mengungkapkan sekira 30 persen dari pejuang asing itu telah kembali ke negaranya masing-masing. Sebanyak 14 persen lagi tewas dalam peperangan.

Fakta lain yang terungkap adalah 17 persen dari pejuang Eropa itu adalah perempuan. Sebanyak 23 persen dari pejuang wanita itu adalah mualaf. Lebih dari 90 persen pejuang asing berasal dari area kota metropolitan. Sebagian besar dari mereka adalah korban radikalisasi. Data tersebut juga menegaskan Belgia memiliki jumlah pejuang asing per kapita terbesar di antara anggota UE lainnya.

Dalam rentang September 2014 hingga September 2015 terdapat sekira 30 ribu pejuang asing militan ISIS di Irak dan Suriah dari 104 negara berbeda. “Para ahli dan pejabat pemerintahan paham bahwa fenomena ini dapat mengancam Eropa dan negara-negara lainnya,” tulis laporan tersebut, seperti dikutip Middle East Online, Sabtu (2/4/2016).

Meski negara-negara Eropa telah menguatkan keamanan nasional mereka, hanya sembilan negara yang menjatuhkan dakwaan kriminal bagi warganya yang bergabung menjadi pejuang ISIS. International Centre for Counter-Terorism menyarankan UE untuk menyiapkan sistem pelaporan internal demi menangkal para pejuang asing yang kembali.

[Link Editor : By Al Arabiya News/Middle East Online]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ngeri, 4 Negara Eropa Penyumbang Terbanyak Pejuang ISIS Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD