Latest News
Powered by Blogger.
Friday, April 8, 2016

Dan Turki-Israel Sebentar lagi akan Kembali Mesra

Dan Turki-Israel Sebentar lagi akan Kembali Mesra
Dan Turki-Israel Sebentar lagi akan Kembali Mesra

ANKARA, ACEHBesmart.com - Kementerian Luar Negeri Turki mengumumkan, hubungan negara itu dengan Israel akan kembali normal setelah mencapai kesepakatan normalisasi hubungan. 

Hal itu terungkap setelah perwakilan kedua negara melakukan pertemuan di London, Inggris pada Kamis 7 April. Kedua pihak seiya sekata untuk finalisasi kesepakatan dalam pertemuan selanjutnya.

Hubungan kedua negara jatuh ke titik nadir pada tahun 2010, pasca serangan tentara Israel ke kapal Mavi Marmara.

Tercatat Wakil Menteri Luar Negeri Turki, Feridun Sinirlioglu; utusan khusus Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Joseph Ciechanover; dan Ketua Dewan Keamanan Nasional Israel, Jenderal Jacob Nagel hadir dalam pertemuan tersebut.

“Tim negosiasi mencapai kemajuan untuk finalisasi perjanjian dan menutup perbedaan serta setuju bahwa kesepakatan akan disahkan pada pertemuan selanjutnya yang akan segera dijadwalkan,” demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki, seperti dikutip Reuters, Jumat (8/4/2016).

Sayangnya, pernyataan itu tidak menyebutkan seperti apa bentuk kesepakatan tersebut. Namun, Ankara selalu menekankan jika normalisasi hubungan dengan Israel tidak akan terjadi kecuali tercapai kesepakatan pencabutan blokade di Gaza serta tercapai kesepakatan kompensasi tewasnya para aktivis tersebut.

Turki dan Israel mengadakan putaran baru perundingan normalisasi hubungan dua negara yang pernah menjadi sekutu utama sampai 2010, ketika pasukan komando Israel menyerbu kapal bantuan Turki yang menuju Gaza. Sepuluh aktivis bantuan Turki tewas dalam penyerbuan Mavi Marmara.

Ankara mengatakan, pembicaraan terbaru di London, Inggris itu dilakukan oleh pejabat Kemlu Turki dan penasehat PM Israel dan penasehat keamanan nasional Negeri Zionis itu

Analis menyatakan, keinginan Turki untuk mempercepat pemulihan hubungan dengan Israel tidak lepas dari memburuknya hubungan Ankara dengan Moskow sejak insiden penembakan pesawat perang Rusia beberapa waktu lalu.

Turki adalah sekutu dekat Israel di kawasan Timur-Tengah. Namun, hubungan keduanya runtuh pada 2010 dalam insiden Mavi Marmara. Marinir Israel membunuh 10 aktivis pro-Palestina asal Turki yang mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

[Link Editor : By Reuters]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dan Turki-Israel Sebentar lagi akan Kembali Mesra Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD