Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, March 30, 2016

Ngeri, Ancaman IS untuk AS Perintahkan seluruh keluarga Militer dan Diplomat tinggalkan Turki

Ngeri, Ancaman IS untuk AS Perintahkan seluruh keluarga Militer dan Diplomat tinggalkan Turki
Ngeri, Ancaman IS untuk AS Perintahkan seluruh keluarga Militer dan Diplomat tinggalkan Turki

WASHINTON, ACEHBesmart.com - Pemerintah Amerika Serikat telah memerintahkan keluarga-keluarga para diplomat dan personel militer AS untuk angkat kaki dari wilayah Turki selatan. Khususnya dari pangkalan udara Incirlik, karena meningkatnya ancaman IS/ISIS di negara itu.

Departemen Luar Negeri serta Departemen Pertahanan AS menyatakan, keluarga militer di konsulat-konsulat AS di kota Adana dan Izmir, serta di pangkalan udara Incirlik, harus meninggalkan wilayah tersebut.

“Keputusan untuk memindahkan keluarga dan warga sipil dibuat berdasar konsultasi dengan pemerintah Turki, Departemen Luar Negeri dan Menter Pertahanan kita (AS),” kata Jenderal Philip M. Breedlove, komandan dari Komando AS-Eropa dalam pernyataan.

Dalam statemennya, Komando Eropa militer AS menyatakan langkah ini "memungkinkan untuk pemulangan anggota keluarga dari wilayah-wilayah ini dikarenakan masalah keamanan yang terus berlangsung di wilayah tersebut."

"Kami paham bahwa ini gangguan bagi keluarga-keluarga militer kami, namun kita harus menjaga mereka tetap aman dan memastikan efektivitas tempur pasukan kita untuk mendukung sekutu kuat kita Turki dalam perang melawan terorisme," demikian statemen Komando Eropa seperti dilansir CNN, Rabu (30/3/2016).

Sekitar 670 anggota keluarga AS tinggal di fasilitas militer Incirlik, Izmir dan Mugla.

Departemen Pertahanan AS juga memerintahkan evakuasi keluarga staf konsulat AS di Adana, kecuali anggota keluarga yang juga bekerja sebagai staf diplomatik.

“Keselamatan dan keamanan warga AS di luar negeri adalah prioritas urama, dan kami serius menjalani tanggung jawab untuk memastikan keamanan bagi semua masyarakat AS,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS. “Dalam koordinasi dengan Departemen Pertahanan, kami akan terus mengevaluasi keamanan kita di Turki dan seluruh dunia.”

Menurut seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya, keputusan untuk memerintahkan keluarga-keluarga diplomat dan militer AS pergi dari Turki itu berasal dari penilaian atas ancaman-ancaman keamanan di negara tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Israel juga telah menyerukan warganya yang berada di Turki untuk segera meninggalkan negeri itu. Israel menyebut, seruan ini dikeluarkan terkait meningkatnya ancaman serangan ISIS di negeri itu.

[Link Editor : By CNNInternational]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ngeri, Ancaman IS untuk AS Perintahkan seluruh keluarga Militer dan Diplomat tinggalkan Turki Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD