Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, March 23, 2016

Israel Diam-diam evakuasi warga Yahudi dari Perang Yaman

Israel Diam-diam evakuasi warga Yahudi dari Perang Yaman

ISRAEL, ACEHBesmart.com - Pejabat berwenang mengatakan pemerintah Israel diam-diam mengevakuasi 19 warga Yahudi dari Perang Yaman. Operasi rahasia dan sangat terencana itu digelar dalam beberapa hari terakhir.

Organisasi Yahudi yang mengurus para imigran Yahudi ke Israel mengatakan sekitar 50 lagi warga Yahudi masih terjebak di Yaman di tengah kondisi perang. Mereka bertahan karena memilih untuk bertahan. Yahudi Yaman termasuk komunitas Yahudi tertua di dunia.

"Sembilan belas orang tiba di Israel dalam beberapa hari belakangan, termasuk 14 orang dari Kota Raydah dan satu keluarga terdiri dari lima orang dari Sanaa," kata pernyataan organisasi Yahudi itu, seperti dilansir Middle East Eye, Senin (21/3).

Yaman kini masih dilanda kecamuk perang sejak September 2014 ketika kelompok pemberontak Houthi yang didukung Iran menyerang Ibu Kota Sanaa dan memaksa pemerintah yang sah menyingkir ke wilayah selatan.

Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi kemudian menggempur pemberontak Houthi sejak Maret tahun lalu, namun kaum pemberontak masih menguasai sejumlah wilayah, termasuk Ibu Kota.

Organisasi Yahudi mengatakan lebih dari 51 ribu warga Yahudi Yaman bermigrasi ke Israel sejak Negeri Zionis itu berdiri pada 1948.

[Link Editor : By Middle East Eye]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Israel Diam-diam evakuasi warga Yahudi dari Perang Yaman Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD