Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, March 5, 2016

Inilah 5 Cara Menumbuhkan Kesadaran Bertauhid pada Anak

Inilah 5 Cara Menumbuhkan Kesadaran Bertauhid pada Anak
 
JENDELA KELUARGA, ACEHBesmart.com - Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah. Demikianlah kata sebuah pepatah. Berbakti pada ke-2 orangtua merupakan keharusan tiap-tiap muslim. Keadaan berumah tangga tidak bisa jadi rintangan untuk menggerakkan keharusan itu.

Orangtua atau mertua yang telah mulai renta umumnya terjadi pergantian karakter kembali seperti anak-anak. Sebagian orang yg tidak menyadarinya malah jadi sumber permasalahan dalam keluarga.

Termasuk juga keterlibatan dalam tempat tinggal tanggamu yang malah makin memperkeruh situasi.

Bagaimanapun juga kesabaran yaitu modal paling utama untuk berbakti pada orangtua. Tetapi sesungguhnya, terdapat banyak strategi supaya orangtua bahagia serta tetaplah produktif di umur senja.

Jika beliau mempunyai aktivitas, maka beliau berpikiran lebih terbuka serta tidaklah terlalu kolot. Beberapa strategi itu sebagai berikut.

1. Kenalkan dengan Aktivitas Agama

Tujuan paling utama hidup manusia yaitu menghimpun amal kebaikan sebagai bekal perjalanan panjang di akhirat nantinya. Di usianya yang makin senja sudah harusnya orangtua mengutamakan akhirat dibanding duniawi.

Kenalkan dengan bebrapa aktivitas agama sejenis pengajian. Umumnya beliau dengan sendirinya tertarik untuk ikut aktif di dalamnya.

Siraman rohani yang diperoleh dari ustadz atau ustadzah umumnya lebih didengar orangtua dibanding bila anaknya sendiri yang memberikannya.

2. Ajaklah Join dengan Organisasi Manula

Sangat banyak aktivitas sosial yang ada di masyarakat seperti posyandu balita, posyandu lanjut usia, dharma wanita, PKK, dan sebagainya. Sertakan orangtua pada aktivitas itu.

Beliau bakal memperoleh banyak pengalaman serta jaringan sesama rekan-rekan aktivis organisasi. Hal semacam ini begitu penting supaya orangtua tak jemu dengan rutinitasnya yang monoton.

3. Sesekali Bawalah Liburan Bersama Si Kecil

Bermain bersama cucu merupakan kebahagiaan untuk orangtua ataupun mertua. Di waktu si kecil berlibur sekolah, tidak ada kelirunya mengajaknya liburan bersama kakek serta nenek.

Si kecil juga umumnya begitu suka serta enjoy nikmati momen bersama kakek serta nenek yang tidak sering mereka jumpai.

Tetapi, pikirkan juga berlibur yang aman untuk manula sehingga beliau tidaklah terlalu terbebani kesibukan fisik.

4. Berikan Hewan Peliharaan

Ada pendapat yang menyampaikan kalau pelihara hewan peliharaan bisa kurangi stres. Bila orang tuamu penggemar hewan, tidak ada kelirunya membelikan mereka hewan peliharaan seperti kucing, ikan, ayam, serta kambing.

Tidak permasalahan memberi mereka hewan peliharaan yang bisa menghadirkan pemasukan pada orangtua. Tetapi janganlah menghimpit manajemen ternak serta keuangan yang baik dari beliau.

Ingat tujuan paling utama pemberian hewan ternak yaitu supaya beliau mempunyai pelampiasan mengisi waktu senggang.

5. Berikan Ladang Bisnis

Sebagian orang tua tak suka membebani anak-anaknya terlebih permasalahan materi. Di sisi lain pensiunan orangtua kadang-kadang begitu mencemaskan untuk dapat memenuhi keperluan keseharian.

Bahkan juga ada yang sama sekali tak mempunyai pensiunan. Satu diantara pemecahannya yaitu memberikan pada beliau tempat usaha. Sesuaikan usaha yang bakal anda berikanlah dengan hoby serta ketrampilan orangtua.

Sebagai contoh bila ibu mempunyai hoby memasak, anda dapat membikinkan warung makan kecil-kecilan. Bila ibu hoby menjahit anda bisa membelikan mesin jahit serta berbagi design baju paling baru namun masih tetap simpel dalam membuatnya.

Bila masih bingung usaha apa yang bakal diberikan, usaha yang paling gampang yaitu toko kelontong kecil-kecilan di depan tempat tinggal.

Selanjutnya bila orang tuamu mempunyai tabungan, beliau bakal suka membelikan cucu-cucunya beberapa barang. Seburuk apa pun pemberian itu, tetaplah terimalah dengan suka hati.

Jangan sampai lelah bersabar untuk berbakti pada ayah serta ibu. Di waktu anda masih bayi serta tak dapat lakukan apa-apa, merekalah yang menjaga serta mendidikmu.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah 5 Cara Menumbuhkan Kesadaran Bertauhid pada Anak Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD