Latest News
Powered by Blogger.
Monday, March 28, 2016

Dan 100 Kombatan GAM Aceh Akan Berniat Sumpah Setia untuk ISIS ?!

Dan 100 Kombatan GAM Aceh Akan Berniat Sumpah Setia untuk ISIS ?!
Dan 100 Kombatan GAM Aceh Akan Berniat Sumpah Setia untuk ISIS ?!

ACEHBesmart.com - Sejumlah mantan pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dimotori Fakhruddin bin Kasem alias Din Robot, Bekas Wakil Panglima GAM wilayah Sagoe Kuta Awe Duek, Peureulak Aceh Timur, menyatakan niatnya untuk bergabung dengan Negara Islam (ISIS).

Mereka juga menyatakan siap untuk berangkat ke Suriah. Din Robot yang merupakan warga Desa Kuta Binje, Kecamatan Julok, Aceh Timur, tercatat sebagai mantan wakil Panglima GAM Wilayah Peureulak, Sagoe Kuta Awe Duek.

Pernyataan siap bergabung dengan ISIS disampaikan Din Robot melalui konferensi pers di salah satu tempat di Idi Rayeuk, Aceh Timur, beberapa waktu lalu. Dinyatakan Din Robot dalam sebuah jumpa media di Aceh Timur, kemarin petang.

Dilansir CNN Indonesia, seorang fasilitator jumpa media yang juga Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM) Aceh, Safaruddin mengatakan motif ketidakadilan pemerintah menjadi faktor paling penting. 

“Kebetulan saya diminta secara teknis untuk bisa memberangkatkan mereka ke Suriah, sebenarnya saya sudah minta untuk berdiskusi dulu, tapi entah bagaimana mereka mungkin sudah kesal dengan keadaan,” kata Safaruddin, Selasa (7/7).

Motif ekonomi, kata Safaruddin, merupakan dorongan terkuat bagi para eks kombatan ini mengambil langkah untuk bisa bergabung dengan ISIS. Saat ini, tambahnya, perhatian pemerintah baik daerah maupun pusat terhadap para eks kombatan GAM memang memprihatinkan.

“Banyak kondisi yang tak adil, sebagian bisa menangguk keuntungan sedangkan lainnnya terpuruk dalam kemiskinan, jurang itu jelas terlihat,” ujar Safaruddin mencoba melukiskan kekesalan para kombatan yang berniat masuk ISIS.

Selain itu media massa salah satunya televisi nasional, lanjutnya, tak kurang selalu memberitakan soal tingginya bayaran kerja di ISIS. Alhasil, mereka tergiur dan akhirnya memiliki niat untuk bisa bergabung dengan ISIS. 

Dan 100 Kombatan GAM Aceh Akan Berniat Sumpah Setia untuk ISIS ?!
Dan 100 Kombatan GAM Aceh Akan Berniat Sumpah Setia untuk ISIS ?!
“Soal bai’at atau apapun itu, mereka belum pikirkan, yang jelas bagi mereka bagaimana caranya bisa menghidupi anak dan keluarga mereka,” katanya.

Menirukan pernyataan Din Robot, ujar Safaruddin, “Daripada membuat kriminal dan kekacauan seperti Din Minimi, dan Syukriadi alias Gambit lebih baik kami berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS karena disana gaji kami dibayar sehingga kami bisa membiayai sekolah anak kami.”

Ditanya berapa jumlah anggota yang berniat gabung dengan ISIS, menurut Din Robot, sudah lebih dari 100 orang.

"Saya dan kawan-kawan sudah siap bergabung dan berangkat ke Suriah untuk menjadi tentara ISIS," kata Din Robot.

"Yang pasti kami sudah siap bergabung dengan ISIS," tegas Din Robot.

[Link Editor : By CNNIndonesia | TRIBUNEWS]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dan 100 Kombatan GAM Aceh Akan Berniat Sumpah Setia untuk ISIS ?! Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD