Latest News
Powered by Blogger.
Monday, February 22, 2016

Saudi Arabia Kembali Hentikan Bantuan Militer ke Lebanon

Saudi Arabia Kembali Hentikan Bantuan Militer ke Lebanon

ARAB SAUDI, ACEHBesmart.com - Pemerintah Arab Saudi menghentikan bantuan dana bernilai US$ 3 miliar yang sedianya untuk membiayai tentara Lebanon dengan senjata bikinan Prancis.

Reuters mengabarkan Jumat (19/2/2016), paket bantuan untuk polisi Lebanon sebesar US$ 1 miliar juga dibekukan. Alasannya, ''Lebanon tidak ikut mengutuk serangan terhadap Kedubes Saudi di Teheran, juga serangan terhadap kantor Konsulat Saudi di Mashhad, Iran,'' bunyi pengumuman resmi yang disampaikan kantor berita resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA).

Dalam pengumuman yang mengejutkan itu, SPA juga menilai tindakan Lebanon ''Sangat disesalkan dan tidak bisa dibenarkan,'' tulisnya. ''Hal tersebut tidak konsisten dengan hubungan antar kedua negara,'' lanjut SPA.

Bisa ditebak, konflik antara Iran dan Saudi mencerminkan perpecahan antara fraksi-fraksi Islam di Timur Tengah. Yakni antara kelompok Syiah yang didominasi Iran melawan kaum Sunni yang didukung Arab Saudi. Ketegangan antar kedua kelompok itu semakin meninggi setelah perseteruan Iran-Saudi mencuat ke permukaan dalam krisis Suriah.

Padahal, angkatan bersenjata Lebanon dulu pernah menjadi alat pemersatu bagi kelompok Suni dan Syiah. Pada 2013, mendiang Raja Abdullah dari Saudi membentuk kelompok inisiatif untuk membantu angkatan bersenjata Lebanon. Pemerintah Beirut juga telah menerima bantuan senjata itu, termasuk pula 48 peluru kendali anti-tank yang dikirim tahun lalu.

Dalam bantuan itu, Arab Saudi bersedia membeli sejumlah peralatan militer dari Prancis. Seperti helikopter, pesawat tanpa awak drone, perlengkapan artileri untuk menjaga kestabilan Pemerintahan Lebanon pimpinan Presiden Tammam Salam, yang senantiasa diguncang konflik intern.

[ Link Editor : Saudi Press Agency/Ruters]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Saudi Arabia Kembali Hentikan Bantuan Militer ke Lebanon Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD