Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, February 16, 2016

Gempur Islamic State (IS), Saudi Mulai Kirim Jet Tempur ke Turki

Gempur Islamic State (IS), Saudi Mulai Kirim Jet Tempur ke Turki
Gempur Islamic State (IS), Saudi Mulai Kirim Jet Tempur ke Turki

ADANA, ACEHBesmart.com – Arab Saudi telah mulai mengirimkan pesawat jet tempur ke markas udara milik Turki yang direncanakan untuk serang ISIS di Suriah.

Pejabat pertahanan Arab Saudi memaparkan pengiriman pesawat ini demi meningkatkan usaha untuk menghancurkan kelompok militan ISIS.

“Kerajaan Saudi telah mengirimkan pesawat ke markas udara Incirlik di Adana, Turki,” ujar Brigadir Jendral Ahmed al-Assiri dikutip dari Al-Arabiya, sebagaimana dilansir dari AFP, Selasa (16/2/2016).

“Pesawat jet tempur Saudi dan krunya berada disana untuk meningkatkan operasi udara serta menjalankan misi yang diberikan oleh basis militer di Saudi Arabia,” tambah Assiri.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu pada Sabtu 13 Februari mengatakan bahwa pesawat jet Saudi akan dikirimkan ke Incirlik dan menyatakan bahwa kedua Saudi-Turki akan mulai berpartisipasi dalam serangan darat terhadap ISIS di Suriah.

Namun, muncul spekulasi bahwa ini juga sebagai bentuk bantuan terhadap pihak Amerika Serikat bersama pemberontak rezim Assad yang masih berusaha menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dari jabatannya.

Karena Turki dan Arab Saudi memang sudah menyatakan bahwa perdamaian di Suriah akan tercipta juga Assad turun dari ‘kursinya’, namun pekan lalu Menlu Suriah memberikan peringatan segala bentuk intervensi di darat akan mendapatkan respons yang keras.

[Link Editor : By AFD/Okezone]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gempur Islamic State (IS), Saudi Mulai Kirim Jet Tempur ke Turki Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD