Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, February 16, 2016

Dimana Patung Arjuna Setinggi 7 meter Dibakar OTK, Bupati Ini Padam Muka Dan Marah

Dimana Patung Arjuna Setinggi 7 meter Dibakar OTK, Bupati Ini Padam Muka Dan Marah
Dimana Patung Arjuna Setinggi 7 meter Dibakar OTK, Bupati Ini Padam Muka Dan Marah

INDONESIA, ACEHBesmart.com - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi padam muka terkait peristiwa pembakaran Patung Arjuna yang disebut-sebut sebagai ikon Purwakarta. 

Patung Arjuna di ujung Situ Wanayasa, di jalan raya Wanayasa-Purwakarta, Jawa Barat, dirusak dengan cara dibakar, Kamis dinihari, 11 Februari 2016. Patung setinggi tujuh meter itu menggambarkan Arjuna yang sedang membetot anak panah dan mengarahkannya ke angkasa.

"Saya tidak habis pikir, kalau patung wanita telanjang ya silakan dihancurkan tapi ini kan patung wayang. Tokoh warisan kebudayaan Nusantara yang digunakan para wali songo untuk mendakwahkan agama Islam," kata Bupati Purwakarta, Kamis (11/2/2016).

Menurut Dedi, Arjuna merupakan salah satu tokoh wayang yang bernilai epik kepahlawanan. Sebab, Arjuna diceritakan sebagai panglima perang Pandawa dalam perang Baratayudha.

Ia tak menampik bahwa ada sebagian warganya yang memandang pembangunan patung-patung wayang golek tersebut sebagai perbuatan syirik.

Patut Diapresiasi
Sementara Pimpinan Jamaah Manhajus Salihin, Pasar Rebo Purwakarta Syahid Joban mengungkapkan pelaku pembakaran patung itu harus diapresiasi. 

"Pelaku pembakar patung patut diapresiasi karena dia melaksanakan amal maruf nahi munkar," ujar Syahid Joban.

Joban menjelaskan, lembaga dakwahnya selama ini konsisten mengkiritisi keberadaan patung di Purwakarta. Ia menikai, keberadaan patung itu telah menyalahi syariat agama. 

"Jadi, wajar patung Arjuna dibakar," tuturnya. 

Kewajaran ini juga karena Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tidak menggubris imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Beberapa waktu lalu, MUI meminta penghentian pembangunan dan membongkar patung yang menyalahi syariat.

"Dari MUI pusat, Jabar hingga Purwakarta sudah merekomendasikan penghentian patung, tapi tidak digubris," ucapnya. Itulah mengapa, patung tersebut dibakar. "Saya memiliki dokumen resmi dari MUI soal ini," tutur Joban lagi.

Meski begitu, Joban mengaku tidak mengetahui siapa pelaku pembakaran patung Arjuna setinggi lima meter pada Kamis (11/2/2016) dini hari itu.

"Kami tidak tahu pelakunya siapa. Yang pasti, ana tidak bisa menyalahkan si pembakar karena itu merupakan aksi kegelisahan umat," ungkap dia. 

Secara kelembagaan, ia pun tidak menginstruksikan jamaahnya untuk membongkar patung. 

Aksi pembakaran patung Arjuna yang terbuat dari bahan fiber dan beton khusus senilai Rp 200 juta sumbangan darinya. 

Patung wayang berwarna putih yang terbuat dari bahan baku fiber itu hampir terbakar seluruhnya, yang tersisa hanya telapak kaki dan tempat atau dudukan patung berdiri. Sementara kepala, badan, hingga kaki sudah tak bersisa.

[Link Editor : By ACEHBesmart.com]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dimana Patung Arjuna Setinggi 7 meter Dibakar OTK, Bupati Ini Padam Muka Dan Marah Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD