Latest News
Powered by Blogger.
Friday, October 30, 2015

Sederhana Memahami Takdir

Sederhana Memahami Takdir
Ilustrasi Gambar
 
ACEHBesmart.com - HIKMAH DAN RENUNGAN, Seulas senyum dan sebuah kain penompang tangan dengan beberapa jahitan. Barangkali kesakitan yang tampak jelas itu terasa ringan, karena melakukan satu hal yang membuatnya berbahagia.

Maka siapapun, gerakan dan peganglah siku kalian sampai dengan bagian jari. Bagaimana, baik dan sehat bukan? Karena keberlimpahan karunia, bukankah seharusnya kita jauh lebih bersyukur dari anak itu?

Bagaimanapun Allah telah membuat pola indah untuknya dan sepasang orang tuanya, bukan sebuah takdir yang sulit dipahami, apalagi mengatakan mengapa begini mengapa begitu?

Pun akan selalu ada ruang kuasa atas apapun yang mesti kita sadari, bahwa Allah menetapkan apa yang Dia kehendaki, juga menghapuskannya.

Terkadang satu hal akan menjadi gelap dan misteri karena betapa sulitnya rasional kita menerka hari-hari yang terus berjalan maju, meski kita sudah berencana ini dan itu.

Karena takdir dalam bentuk apapun adalah keniscayaan, yang membedakan hanya seberapa besar kesabaran dan bagaimana pula tidak menyusahkan diri karena keterlibatan pikiran apalagi hati, pikiran dan hati hanya digunakan untuk merenungi apalah yang sudah terjadi, meskipun orang pernah merasakan dan mengatakan beberapa takdir sakit dirasa. Tapi itulah tersebab sebuah pahala didapatkan, tidak perlu mengeluh, diambil pusing, dimasukkan ke dalam hati, sesungguhnya semuanya akan menghabisi dosa-dosa dan kesalahan setiap abdi Allah.

Penyerahan diri karenanya, takdir sebenarnya sederhana dipahami. Bak sebening aliran prasangka yang bermuara pada tawakal; menghadang takdir adalah dengan tidak mengeluh, ridha, dan cinta, begitu kata Ibnu Abi Ad-Dunya.

Sehingga perih, kehilangan, dan luka sesaat akan berubah bahkan menjadi kekuatan. “Allah as the way I do, trust it!”.
 
[Sumber : Oleh: Ratna Nera]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sederhana Memahami Takdir Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD