Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, October 18, 2015

Monumen Mengenang Proklamasi di Banda Aceh

Monumen Mengenang Proklamasi di Banda Aceh
 
ACEHBesmart.com - OBJEK WISATA, Dimana Tugu ini letaknya di Taman Sari atau sisi selatan Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Monumen dibangun untuk mengenang proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, dan kesetiaan Aceh kepada Ibu Pertiwi.

Setelah tsunami melanda Aceh, tugu dengan arsitektur semi modern berbentuk kubus ini makin indah dengan perpaduan tiga warna; bawah hitam, tengah hijau, dan atasnya kuning menjulang. Pada bagian dasar tugu tertera teks proklamasi kemerdekaan RI.

Lantai dan tangga menuju tugu berupa keramik hitam, dikelilingi rerumputan hijau yang tertata rapi. Monumen ini sering dijadikan tempat bersantai orang yang berkunjung ke Taman Sari. Keindahannya juga mengundang orang berfoto ria di sana.

Di samping tugu ini dulunya ada Tower Air yang sudah diledakkan pada 20 Maret 2007 menggunakan 135 bom. Tower bersejarah itu dirubuhkan karena sudah tak layak lagi setelah rusak akibat gempa dan tsunami 2004, sehingga bisa membahayakan.

Monumen proklamasi dibangun di area bekas Hotel Atjeh, hotel bersejarah dalam perjalanan republik ini. Presiden Soekarno pernah menginap di sini saat datang ke Aceh, meminta dukungan rakyat Serambi Mekkah mendukung Indonesia pada medio Juni 1948.

Di hotel ini pula Soekarno bertemu Abu Daud Beureueh dan sejumlah tokoh Aceh. Soekarno sempat menangis memohon rakyat Aceh membantu mengusir Belanda yang masih bercokol di beberapa daerah di nusantara dan membeli pesawat.

Dalam waktu singkat rakyat dan saudagar Aceh kemudian mengumpulkan dana dan harta benda setara 20 kilogram emas, yang kemudian diserahkan ke Soekarno. Sumbangan itu lalu digunakan membeli pesawat Dakota RI-001 Seulawah yang merupakan pesawat angkut pertama dimiliki Indonesia.

Dengan pesawat ini Soekarno menembus blokade-blokade Belanda untuk mencari dukungan ke berbagai daerah dan menjalin diplomasi ke luar negeri. Pesawat ini juga menyelundupkan senjata, perangkat radio dan alat-alat kesehatan untuk membantu perjuangan rakyat Indonesia.

Replika pesawat Dakota RI-001 Seulawah kini bisa dilihat di Lapangan Blang Padang, terpaut sekitar 400 meter dari monumen proklamasi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Monumen Mengenang Proklamasi di Banda Aceh Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD