Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, October 18, 2015

Mie Caluk, Spaghetti ala Aceh yang Menggoda

Mie Caluk, Spaghetti ala Aceh yang Menggoda
Mie Caluk, Spaghetti ala Aceh yang Menggoda

ACEHBesmart.com - KULINER ACEH, Selain terkenal dengan mie yang biasanya disebut mie Aceh, jangan lewatkan juga untuk mencicipi spaghetti ala Aceh jika berkunjung ke daerah paling ujung pulau Sumatera ini.

Jangan bayangkan spaghetti ala Aceh ini mirip dengan punya Italia, di Aceh orang menyebutnya dengan mie caluk (mie rogoh). Sebuah nama yang unik bukan? Kuliner khas Aceh ini juga terkenal kelezatannya.

Dengan bumbu rempah yang khas, campuran saus kacang pecal, dan kuah tentu menjadi pelengkap yang sempurna plus dengan kerupuk berwarna merah putih, namun bagi Anda yang suka dengan pedas, jangan lupa tambahkan sambal merah yang dicampur bawang akan menjadi lebih nikmat.

Sajian mie caluk ini bisa dibilang salah satu kuliner favorit masyarakat Aceh, kehadiran mie caluk ini pun tidak kalah populernya dibandingkan mie –Aceh– goreng atau mie tumis pada umumnya.

Mie caluk sendiri juga banyak disajikan dengan campuran sayur lainnya, tidak banyak juga orang yang mencampur mie caluk dengan pecal atau lontong. Kebiasaannya mie caluk ini selalu banyak ditemui ketika bulan puasa, namun dibulan-bulan biasanya di tempat-tempat keramaian mie ini juga sering ditemukan di gerobak-gerobak. Ada juga mie caluk yang keliling kampung di bawa oleh penjual dengan menggunakan sepeda motor.

Kabupaten Pidie adalah salah satu daerah yang terkenal dengan kelezatan mie caluk, dengan cita rasa yang tiada duanya saat dibungkus dengan daun pisang. Penasarankan dengan spaghettinya ala Aceh yang menggoda ini, jangan sampai kelewatan untuk mencicipinya jika bertandang ke tanah Rencong ya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mie Caluk, Spaghetti ala Aceh yang Menggoda Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD