Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, October 18, 2015

Kuah Pliek U, Gulai Khas dari Aceh

Kuah Pliek U, Gulai Khas dari Aceh
Kuah Pliek U, Gulai Khas dari Aceh

ACEHBesmart.com - KULINER ACEH, Begitu banyak makanan khas masing-masing daerah di Nusantara ini.

Mulai dari Aceh hingga papua, ragam kuliner tidak terhitung jumlahnya. Salah satu makanan khas Aceh yang mungkin masih jarang didengar orang luar adalah Kuah Pliek U.

Masakan jenis gulai khas Aceh ini adalah gulai para raja dulunya, dan sampai sekarang masih banyak di jumpai disetiap daerah di Aceh.

Gulai ini dibuat dari campuran berbagai jenis sayuran ditambah “Pliek u” dan kepala ikan asin sebagai penyedapnya. “Pliek u” atau dikenal dengan patarana adalah sisa atau ampas kelapa yang minyaknya sudah diperas dengan alat tradisional yaitu dua bilah papan yang dipress dengan baut besar.

Olahan kelapa ini menghasilkan minyak goreng yang disebut dengan “minyeuk reutik”. Ampasnya tidak dibuang, tetapi dijemur kembali sehingga menjadi “Pliek u” yang berwarna hitam.

Dalam tradisi masyarakat Aceh, “Pliek u” menjadi salah satu bumbu penyedap untuk mengolah sayuran menjadi gulai (kuah) pliek u. Gulai ini sangat digemari oleh warga Aceh, baik yang masih tinggal di Aceh apalagi yang sudah lama di perantauan.

Kuah pliek u biasanya disajikan pada saat acara-acara besar, seperti penyambutan tamu besar dan bahkan digunakan sebagai hidangan istimewa untuk menemani makanan yang lain bersama keluarga.

Selain pliek u, untuk menyantapnya juga sering disediakan ikan asing sebagai pelengkap lauknya, nikmat sekali kuah pliek u ini. Tertarik mencobanya bukan?
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kuah Pliek U, Gulai Khas dari Aceh Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD