Latest News
Powered by Blogger.
Friday, September 11, 2015

Arab Saudi, Mekkah : Crane Ambruk di Masjid Al Haram, Dan 87 Jama’ah Meninggal

Arab Saudi, Mekkah : Crane Ambruk di Masjid Al Haram, Dan 87 Jama’ah Meninggal
Arab Saudi, Mekkah : Crane Ambruk di Masjid Al Haram, Dan 87 Jama’ah Meninggal
ACEHBesmart.com - DUNIA ISLAM, Pihak Difa’ Madani (Kepolisian Pamong Praja) Saudi mengumumkan melalui akun Twitter pada hari Jumat (11/9/2015) bahwa 87 jama’ah meninggal disebabkan ambruknya crane (tower alat berat) di Masjid Al Haram. Sedangkan jumlah korban luka-luka mencapai 201 orang, demikian lansir Al Arabiya (11/9/2015).

Informasi awal, crane ambruk disebabkan karena badai dan perubahan cuaca secara ekstrim, yang juga telah disampaikan oleh pihak Difa’ Madani satu hari sebelumnya.

Sedangkan juru bicara Difa’ Madani Makkah, Kol. Said bin Sarhan menyampaikan bahwa saat berita ini diturunkan evakuasi para korban sedang dilakukan.

Bentuk Tim Penyidik
Di kesempatan terpisah Amir Khalid Al Faishal, Amir Makkah Al Mukarramah segera menyampaikan perintah pembentukan tim penyidik, guna mengetahui sebab-sebab ambruknya crane.

Sementara itu, juru bicara Urusan Masjid Al Haram Ahmad bin Muhammad Al Mansuri menyampaikan bahwa kejadian robohnya salah satu crane di Masjid Al Haram berlangsung pada pukul 5:10 sore waktu setempat. Hujan dan angin kencang menyebabkan jatuhnya crane yang menimpa bagian dari tempat thawaf dan sa’i.

23 Jamaah Haji Indonesia Terluka, 2 Meninggal Akibat Musibah Crane Jatuh di Masjidil Haram

Sebanyak 23 jamaah haji asal Indonesia yang menjadi korban luka jatuhnya alat berat proyek (crane) di Masjidil Haram, Makkah, Jumat (11/9/2015), sedang dua orang dikabarkan meninggal dunia.

“Di Haram sendiri mengakibatkan jatuhnya beberapa alat berat di Masjidil Haram. Saya komunikasi Daker Makkah,” ujar Menag Lukman di hubungi dari Makkah, Sabtu (12/9/2015).
Arab Saudi, Mekkah : Crane Ambruk di Masjid Al Haram, Dan 87 Jama’ah Meninggal
Korban Jamaah Haji Indonesia Bersama Menteri Agama Luqmanul Hakim mengungjungi korban jatuhnya crane di Masjidil Haram

Korban meninggal adalah; Masnauli Hasibuan dari Kloter 09/MES (Embarkasi Medan) dan Siti Rasmi Darmini dari Kloter 3/JKS (Embarkasi Jakarta).

“Selain itu data sementara ada 23 jamaah yang menjadi korban luka, di sejumlah rumah sakit Arab Saudi,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin usai mengunjungi sejumlah jamaah menjadi korban luka di RS An Nur, Jumat (11/09/2015) dikutip Antara.

Dalam kunjungannya itu Menag sempat bertemu dengan salah satu jamaah Indonesia yang menjadi korban luka dari Surabaya, yaitu Nurudin.

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah telah bergerak menuju Mekkah untuk mendampingi para korban luka asal Indonesia.

Lalu mengakui, cuaca buruk tengah melanda berbagai daerah di Arab Saudi. “Beberapa hari terakhir memang terjadi badai pasir di Saudi. Kekhawatiran kami sudah terasa sejak tiga hari terakhir,” kata Lalu.

Gubernur wilayah Mekkah, Pangeran Khalid al-Faisal, kini telah memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Insiden tersebut terjadi ketika ratusan ribu umat muslim di seluruh dunia berkumpul di Masjidil Haram menjelang shalat maghrib.

Presiden Joko Widodo sampaikan duka mendalam kepada seluruh korban jatuhnya crane di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Untuk itu Jokowi meminta agar kabar terkini dari para korban yang merupakan WNI terus diperbarui.

“Presiden telah minta Amirul Hajj Menteri Agama Lukman Hakim untuk pantau perkembangan korban,” kata Seskab Pramono Anung di Istana King Faisal, Jeddah, Jumat malam waktu setempat (11/9/2015).

Sementara itu, rilis Pemerintah Arab Saudi mengatakan, jumlah korban tewas akibat crane jatuh di Masjidil Haram hingga saat ini mencapai 87 jamaah. Sementara korban luka sekitar 201 jemaah.

Sampai hari ini, Kota Makkah semakin padat. Ribuan jamaah haji dari berbagai penjuru dunia terus mendatangi kota kelahiran Nabi Muhammad tidak terkecuali jamaah haji Indonesia.

Kepala Seksi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Reza Muhammad Marzal mengatakan bahwa sampai dengan Kamis (10/09) pukul 17.00 waktu Arab Saudi (WAS), tercatat 99.264 jamaah haji Indonesia sudah berada di Makkah Al-Mukarramah. Mereka terdiri dari 98.095 jamaah dan 1.188 petugas haji Indonesia.

“Sampai dengan pukul 17.00 waktu Arab Saudi, 60.368 jamaah datang dari Madinah setelah menyelesaikan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Mereka tergabung dalam 147 kloter yang didampingi oleh 734 petugas kloter. Sedang 37.727 jamaah datang dari Jeddah bersama 454 petugas yang tergabung dalam 75 kloter,” jelas Reza.

“Jadi jamaah dan petugas haji Indonesia yang sudah berada di Makkah Al Mukarramah sampai dengan sore ini berjumlah 99.283 orang tergabung dalam 238 kloter,” tambahnya.

Ungkapan Duka Cita dari Syeikh Al Azhar atas Musibah di Masjid Al Haram

Syeikh Al Azhar Ahmad Ath Thayyib menyampaikan ungkapan duka cita atas musibah yang terjadi di Masjid Al Haram, yang menyebabkan puluhan jama’ah meninggal pada hari Jumat sore, baik kepada Khadim Al Haramain juga kepada keluarga para syuhada pada peristiwa tersebut.

Syeikh Ahmad Ath Thayyib menyampaikan bahwa semoga Allah menganugerahkan surga kepada para korban, dan darah mereka yang tumpah di tanah suci mudah-mudahan kelak bisa menjadi syafaat bagi mereka, sebagaimana dilansir Al Arabiya (11/9/2015).

Demikian juga yang disampaikan Mufti Mesir, Dr. Syauqi Allam. Ia menyampaikan duka cita atas peristiwa itu dan mengharap agar Allah menganugerahkan balasan surga kepada para syuhada, demikian juga agar tanah suci dan penduduknya dijauhkan dari segala keburukan.

Hal yang sama disampaikan oleh Dr. Nabil Al Arabi, selaku Sekjen Liga Arab. Ia menyampaikan rasa duka atas musibah tersebut, dan mengharapkan agar korban luka-luka bisa segera pulih.

[Sumber : Al Arabiya/Antara/Editor hidayatullah]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Arab Saudi, Mekkah : Crane Ambruk di Masjid Al Haram, Dan 87 Jama’ah Meninggal Rating: 5 Reviewed By: T. Naganur TubeHD